LUKISAN 3 DIMENSI DARI LIMBAH PELEPAH PISANG

Lukisan terlihat menarik bukan hanya terbuat dari media kanfas, batu dan lainnya. Di Lamongan Jawa Timur, seorang seniman menuangkan hasil lukisannya dengan menggunakan bahan dasar limbah pelepah pisang. Hasil karyanya pun terlihat indah berwarna alami, terutama jika terkena pantulan sinar matahari.

Unik dan bernilai seni tinggi, inilah yang terlihat pada lukisan limbah pelepah pisang tiga dimensi, hasil karya, Jemy, seniman asal Kampung Rangge Kelurahan Sukomulyo Lamongan.

Untuk membuat sebuah lukisan pelepah pisang terbilang agak rumit. Bahan dasar pelepah pisang yang didapatnya harus dalam keadaan busuk dan telah di rendam dengan tanah liat selama berbulan-bulan. Pelepah pisang yang busuk kemudian di potong hingga seperti serbuk, kemudian dikeringkan dibawah sinar matahari. Serat pelepah pisang yang sudah tertimbun tanah ini tidak akan lapuk atau berjamur, sehingga dipastikan lukisan akan bertahan dalam tempo yang lama.

Dengan ketelatenan jari-jari kreatifnya, sebuah lukisan bertemakan keindahan mulai dikerjakannya. Hanya menggunakan alat sendok makan, batang pohon dibentuk sedemikian rupa, dengan bahan serbuk pelepah pisang yang telah dicampuri dengan lem khusus.

Membuat dedaunan pohon juga dilakukan dengan jari tangan. Namun, membutuhkan ketelatenan dan ketenangan. Jika lukisan telah terbentuk, pelukisan hanya membakar bagian tertentu untuk menghasilkan warna hitam kecoklatan.

Untuk menghasilkan sebuah lukisan, membutuhkan waktu empat sampai lima bulan. Bahkan, jika hati sang pelukis tidak sedang dalam kondisi prima, penyelesaian sebuah lukisan berukuran 180 meter persegi, butuh waktu hingga satu tahun.

Jemy, pelukis dari limbah pelepah pisang mengaku, menggunakan media pelepah pisang sangatlah jarang dilakukan oleh para seniman. Seniman yang lahir 35 tahun silam ini, mampu mengekspresikan kreatifitasnya melalui limbah pohon pisang dan telah menghabiskan 12 tahun untuk bereksperimen.

Lukisan limbah pelepah pisang tiga dimensi, disebutnya karena memiliki keindahan dari bahan dasarnya. Bahkan, jika lukisannya berumur lebih dari tiga tahun, bahan limbah pelepah pisang akan terlihat semakin indah berkilau terutama saat terkena pantulan sinar matahari.

Seni lukis yang digeluti 12 tahun silam, sebuah karya lukisannya dihargai mulai dari 5 Juta hingga Ratusan Juta Rupiah, tergantung ukuran lukisan dan tingkat kesulitannya.

Sumber : www.berita86.com

Leave a comment

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s