UMKM Limbah Batok Kelapa Desa Temulus Terus Berinovasi

Agar tidak kalah bersaing dengan produksi wilayah lain, usaha kecil mikro dan menengah (UMKM)  handicraft berbahan baku limbah batok kelapa di Desa Temulus, Kecamatan Mejobo, Kudus, terus melakukan inovasi. Sebelumnya hanya bisa menghasilkan tiga sampai lima jenis.

Koordinator UMKM Handicraft Pemuda Usaha Mandiri, Desa Temulus, Aji Prasetyo mengatakan, salah satu hal yang ideal untuk dilakukan mendongkrak pemasaran adalah melakukan inovasi. Meski tidak semudah membalikan telapak tangan, namun hal ini menurutnya merupakan salah satu jalan keluar untuk menembus pasar dan jaringan pemasaran yang lebih luas.

“Awalnya permintaan handicraft ini hanya melayani di wilayah lokal saja dan sebagian kecil kota di Jawa Tengah, dan kami masih menginginkan untuk menambah jaringan pemasaran lagi,” katanya.

Beberapa waktu lalu memang sempat mengalami ketersendatan operasional produksi, sebab modal yang digunakan masih minim. Namun seiring dengan bertambahnya permintaan lambat laun modal kembali bisa terkumpul. “Sebenarnya pesanan masih terus mengalir, hanya saja ragamnya berbeda sehingga memerlukan penanganan khusus,” ujarnya.

Ditanya soal harga, pihaknya menjelaskan, untuk sementara tidak ada kenaikan, masih seperti tahun lalu yaitu berkisar antara Rp1.500 – Rp75.000 per buah. “Kami juga melayani permintaan khusus, dengan harga yang berbeda,” imbuhnya.

Terkait dengan jumlah produksi yang sudah dihasilkan saat ini, bahkan mengaku sudah ada sekitar diatas 4.000 lebih, dari berbagai jenis handicraft. “Kami mempunyai harapan, produk tersebut bisa menembus ke luar pulau seperti Bali, Lombok dan sebagian Sumatra,” paparnya.

Disinggung soal inovasi produk apa yang telah dilakukan, pihaknya menjelaskan pada intinya lebih pada penyempuranaan, misalnya saja membuat pin, dibuat sedemikian rupa agar menarik, begitu juga gantungan kunci, mug, serta tempat untuk meletakan alat tulis. “Inovasi tersebut merupakan karya sendiri dan tidak meniru dari produk atau referensi lainnya,” tandasnya.

Sumber : CyberNews Suara Merdeka

2 thoughts on “UMKM Limbah Batok Kelapa Desa Temulus Terus Berinovasi

Leave a comment

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s