Lampu Unik dari Kulit Jagung

Di tangan Heri Darmawan, perajin asal Klaten, Jawa Tengah, kulit jagung atau klobot tidak dianggap sampah. Heri “menyulapnya” menjadi benda seni bernilai tinggi. Dengan bermodal semangat dan peralatan seadanya, warga Desa Jambu Kulon, Ceper, Klaten ini memulai kreasinya dengan menyetrika klobot hingga rata. Kemudian klobot digunting sesuai bentuk yang diinginkan.

Selanjutnya guntingan klobot ditempelkan satu persatu pada lembar fiber menggunakan lem hingga seluruh permukaan fiber tertutup. Proses selanjutnya adalah memasang fiber yang sudah ditempeli klobot jagung pada sebuah rangka bambu. Setelah selesai tinggal memasang dudukan lampu bohlam pada bagian bawah. Dan jadilah sebuah lampu unik dari klobot jagung.

Saat lampu kulit jagung dinyalakan terlihat sangat indah. Bagi yang baru melihatnya mungkin tidak akan menyangka bahkan tak percaya kalau lampu itu terbuat dari bahan yang biasanya dibuang, yaitu kulit jagung.

Harga jual kerajinan ini cukup mencengangkan. Tiap unit lampu klobot dijual antara Rp 150 ribu sampai 350 ribu rupiah tergantung model dan ukuran. Pemasaran lampu klobot sudah menembus berbagai kota di wilayah Indonesia, seperti Yogyakarta, Jakarta, dan Bali. Bahkan sekarang sudah ada peminat dari Jepang yang mengambil sampel untuk dibawa ke negaranya.

Sumber : Berita Liputan6
About these ads

11 gagasan untuk “Lampu Unik dari Kulit Jagung

  1. gmn sy bs dapatkan lampunya…sy tertarik bgt…
    sy mau jual di toko saya yg kebetulan jg menjual seni kerajinan…
    mhn infonya…bs hub lgsg di 08116607796
    thanks…

    • Sdr Rahadian, karena keterbatasan kami belum bisa posting tips atau cara pembuatan kerajinan seperti yang sdr minta, mdh2an akhir bulan ini bisa aktif posting….terima kasih atas kunjungannya.

      Salam Kreatif

  2. Wah menarik sekali…itu bisa bertahan lama gak?apakah ada bahan pengawet khusus untuk menjaganya agar tetap awet.Tks

    • Sdr Agan Nandhir…bisa tahan lama, sejauh dari yang saya tahu tanpa di beri zat pengawet pun kulit jagung sudah bisa tahan lama apabila sudah dalam keadaan kering. sebagai contohnya para petani di pedesaan sering menyimpan hasil panen jagungnya sampai bertahun2 kulitnyapun masih bagus. Mungkin lebih jelasnya sdr bisa cari informasi kepengrajinnya….Mohon maaf bila kurang berkenan…

      Salam Semangat

  3. sepertinya saya belum pernah menjumpai lampu dari kulit jagung ini di tempat sekitar saya. Bagus ni kalau dapat dipasarkan sampai ke Jakarta
    Sangat menarik sekali mbak infonya, salam kenal..

  4. di tempat saya banyak sekali kulit jagung bagi suka membuat kerajinan tangan menggunakan kulit jagung silahkan ambil Gratis tempat saya ada di jakarta utara

Leave a comment

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s